MPM Unhas Sukses Adakan Training Jurnalis Muslim

mpmunhas.org – Departemen Pengembangan dan Media Informasi Unit Kegiatan Mahasiswa Lembaga Dakwah Kampus Mahasiswa Pecinta Mushalla Universitas Hasanuddin (UKM LDK MPM Unhas) sukses mengadakan kegiatan Training Jurnlis Muslim pada Ahad (24/9). Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang secara rutin dilaksananan oleh lembaga kemahasiswaan yang berorientasi di bidang dakwah ini. Bertempat di Ruang Kelas FIS II 201 FEB Unhas, pelatihan ini diikuti oleh puluhan peserta, bukan hanya dari Unhas, namun juga dari kampus lain seperti STIBA Makassar, UIN, dan UMI.

Kegiatan ini menghadirkan dua orang pemateri yang merupakan ahli pada bidangnya masing-masing. Pemateri pertama, Muhammad Nursam yang merupakan staf pada redaksi Fajar, memaparkan materi tentang urgensi jurnalistik dalam dakwah Islam. Salah satu penekanan yang beliau berikan adalah jurnalis bekerja dengan idealisme masing-masing, oleh karena itu, seorang muslim yang bergelut pada bidang ini pun harus berpegang teguh pada prinsip-prinsip keislaman, utamanya dalam keabsahan dan validasi berita. Pemateri Kedua, Ust. Abdul Hasyim yang merupakan pengelola akun-akun resmi sejumlah lembaga Islam di Makassar seperti lingkardakwah.com, amaljariyah.org, mengupas pembahasan tentang teknik membuat berita. Bukan hanya pada teori, beliau langsung memandu para peserta untuk berpraktek menulis berita dengan prosedur dan mekanisme yang telah dijelaskan terlebih dahulu. Berlangsung mulai dari 08.30 hingga 12.00 WITA, seluruh peserta nampak antusias menyimak materi dan mengikuti seluruh rangkaian acara.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan dan mengasah potensi jurnlisme mahasiswa-mahasiswa khususnya yang aktif di dunia dakwah Islam. “Kegiatan ini diharapkan mampu menghasilkan jurnalis-jurnalis muslim yang mampu menyajikan berita yang aktual dan bermanfaat dengan tetap konsekuen pada nilai-nilai ajaran agama Islam” papar Ahsanul Haq, salah seorang panitia kegiatan ini. Salah satu peserta, Arsal Salama  menyampaikan bahwa motivasi mengikuti kegiatan ini adalah keinginan kuat untuk mampu berkontribusi pada syiar dakwah Islam dengan memanfaatkan media massa. *aa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *