Rektor Unhas: “Gerakan Unhas Mengaji dan Shalat Berjamah Jadikan Civitas Akademika Insan Cendekia”

Rabu (08/02/2017) Kegiatan Grand Launching Gerakan UNHAS Mengaji dan Sholat Berjama’ah yang bertempat di Masjid Kampus UNHAS berhasil dilaksanakan. Kegiatan yang diikuti oleh ribuan peserta ternyata mendapat banyak dukungan dari berbagai pihak terutama dari pihak Universitas Hasanuddin itu sendiri. Acara ini dihadiri oleh banyak civitas Akademika Universitas Hasanuddin diantaranya adalah Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu M.A, wakil-wakil Rektor, Dosen-Dosen, Staff dan Mahasiswa Universitas Hasanuddin.

Acara ini diawali dengan program UNHAS Mengaji bersama selepas shalat Ashar melalui pembentukan kelompok-kelompok mengaji bersama. Selepas kegiatan UNHAS Mengaji Bersama, acara Grand Launching Gerakan UNHAS Mengaji dan Sholat Berjama’ah pun dipandu oleh Arsal Salama dilanjutkan dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh Ketua Mahasiswa Penghafal Al-Qur’an UKM LDK MPM Unhas Ammar Su’ud, sari tilawah Hardiyanti Rafik dan laporan ketua panitia oleh Ustadz Drs. Sulaiman Gosalam, M.Si. selaku ketua panitia Gerakan UNHAS Mengaji dan Sholat Berjama’ah. Melalui sambutan dan pembukaan secara resmi, Rektor Universitas Hasanuddin pun menyatakan apresiasi dan dukungan sebesar-besarnya atas diadakannya Grand Launching Gerakan Unhas Mengaji dan Sholat Berjama’ah. “Tujuan kampus ini untuk mencerdaskan dan menjadikan alumni menjadi insan cendekia, tetapi yang dimaksud dengan cendekia ini adalah cendekia lahir batin, kenapa selama ini kita hanya mengedepankan sisi lahiriyahnya sedangkan sisi batinnya melemah?”, sahut Rektor Universitas Hasanuddin, Prof. Dr. Dwia Aries Tina Pulubuhu M.A.

Selanjutnya acara pun dilanjutkan dengan penyampaian ceramah Agama oleh Ustadz. H. Das’ad Latif, S.Sos., S.Ag., M.Si., Ph.D. Dalam ceramah agama tersebut Ustadz. Das’ad Latif menyampaikan berbagai keutamaan sholat berjama’ah yang sepatutnya dipahami oleh seorang Muslim beserta berbagai rintangan yang menjadikan seorang Muslim enggan untuk mendatangi masjid-masjid.

Kegiatan ini terselenggara dengan baik atas partisipasi yang luar biasa dari UKM LDK MPM Unhas dan LDM Al Aqsho. ”Alhamdullilah, jumlah peserta kegiatan ini mencapai ribuan orang. Kami bersyukur diberi kepercayaan untuk menyemarakan kegiatan ini. Semoga gerakan ini  menjadi wasilah tersebar dakwah islam dikampus merah”, ungkap Ketua Umum UKM LDK MPM Unhas selaku Koordinator Acara kegiatan tersebut.  Qois Al-Faruqi selaku Imam Masjid Kampus UNHAS  menambahkan: “Kami bersyukur atas diselenggarakannya kegiatan ini, sungguh inisiasi yang luar biasa dari Ibu Rektor. Semoga kegiatan ini bisa terlaksana secara terus-menerus dan memberi kebaikan untuk Unhas kedepan”. “Saya bersemangat mengikuti kegiatan ini yang menjadi bukti implementasi dari kata “Hasanuddin” agama yang baik. Disamping itu saya termotivasi untuk belajar Al-Qur’an. Saya berharap semoga kedepannya panitia mem-follow-up kegiatan ini”, tutur Ahmadi selaku peserta kegiatan.

Acara Grand Launching Gerakan UNHAS Mengaji dan Sholat Berjama’ah ini diakhiri dengan agenda Sholat Maghrib berjama’ah. “Gerakan UNHAS Mengaji dan Sholat Berjama’ah ini tetap akan dilaksanakan kedepannya sekali dalam dua minggu.” tegas Ketua Panitia, Ustadz Drs. Sulaiman Gosalam, M.Si. (ma-rdp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *