Sekretaris MUI Sulsel: “NKRI ini adalah buah dari hasil perjuangan para Ulama Nusantara terdahulu”

Ahad, (11/12), UKM LDK MPM UNHAS telah menyelesaikan kegiatan Seminar Islam Nasional “Intelektual Muslim dan Keutuhan NKRI”. Kegiatan yang diikuti ribuan peserta ini dinilai sangat relevan dengan momen-momen heroik kebangsaan Aksi Bela Islam akhir-akhir ini di beberapa wilayah Indonesia yang menuntut keadilan atas kasus penistaan agama sebab hal ini seara jelas dapat mengancam keutuhan NKRI. Acara Seminar Islam Nasional ini menghadirkan beberapa pemateri diantaranya adalah A.M Iqbal Parewangi (Anggota DPD MPR-RI), Kolonel Susanto, S.IP., M.Si (Staf Ahli Pangdam VII Wirabuana) dan Ustadz Ikhwan Abdul Jalil, Lc. (Sekretaris MUI Sulsel). Acara ini juga menghadirkan Fajlurrahman Jurdi, S.H., M.H., dosen Fakultas Hukum UNHAS, selaku moderator acara Seminar Islam Nasional.

Acara dimulai dengan penampilan Nasyid dari adik-adik asuh UKM LDK MPM Unhas. Seminar Islam Nasional ini dibuka oleh A.M Iqbal Parewangi selaku keynote speaker. Melalui Seminar Islam Nasional ini, Kolonel Susanto menyampaikan bahwa memang pada dasarnya Indonesia ini sedang “tidak aman-aman saja”. Indonesia sangat berpotensi mengalami krisis dalam beberapa tahun mendatang akan banyak ancaman yang bisa merusak keutuhan NKRI secara internal dan eksternal. Terlebih lagi menurut Survey, dalam beberapa tahun kedepan Indonesia justru akan menghadapi lebih banyak ancaman-ancaman dari luar yang dapat memicu disintegrasi NKRI.

Selain itu, Ustadz Ikhwan Abdul Jalil juga berpesan agar janganlah Islam itu dihadap-hadapkan dengan Pancasila seolah-olah Pancasila itu sangat tidak sesuai untuk menjadi landasan kehidupan bernegara. “NKRI ini adalah buah dari hasil perjuangan para Ulama Nusantara terdahulu. Pancasila yang bahkan sebelumnya berada masih dalam bentuk Piagam Jakarta sangatlah dapat disandingkan dengan Al-Qur’an. Bahkan, Al-Qur’anlah yang menginspirasi lahirnya Pancasila.” Kata Ustadz Ikhwan Abdul Jalil.

Acara seminar ini berakhir pada pukul 12:00 dengan seruan moderator untuk menyemarakkan tagar #MuslimSaveIndonesia yang diusulkan oleh Bapak A.M Iqbal Parewangi. (afd)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *